6 Cara Memelihara Marmut Agar Tumbuh Sehat

Bagi anak kecil, marmut merupakan salah satu hewan yang banyak sekali dipelihara. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan membuat hewan ini disenangi oleh anak kecil. Maka dari itu, banyak sekali yang memelihara hewan menggemaskan yang satu ini. Bagi yang ingin memelihara marmut, tentu harus dirawat dengan baik dan benar agar marmut tumbuh sehat dan semakin menggemaskan. Adapun cara memelihara marmut agar tumbuh sehat adalah sebagai berikut.

1. Buat Kandang Senantiasa Bersih

Cara memelihara marmut agar tumbuh sehat yang pertama adalah membuat kandang senantiasa bersih. Kebersihan kandang tentu akan membuat marmut tumbuh dengan sehat. Karena kandang yang sehat tentu akan jauh dari berbagai penyakit yang bisa membuat marmut sakit. Maka dari itu, pastikan kandang marmut senantiasa dalam keadaan bersih. Pastikan kotoran marmut serta sisa makan dan minuman senantiasa rutin untuk dibersihkan. Agar marmut pun senantiasa nyaman di dalam kandang.

2. Berikan Pakan Yang Tepat Dan Bergizi

Pemberian pakan yang tepat dan bergizi merupakan cara merawat hewan yang menggemaskan berikutnya agar tumbuh dengan sehat. Berilah marmut pakan yang tepat serta bergizi seperti sayuran atau hay. Hay sendiri merupakan salah satu jenis rumput impor terbaik yang sangat disukai oleh marmut. Meskipun hay sendiri dijual dengan harga yang merogoh kocek dalam, namun tidak ada salahnya sesekali memberikan pada marmut untuk pertumbuhannya yang lebih sehat.

3. Senantiasa Periksa Ke Dokter Hewan

Agar marmut tumbuh lebih sehat, tidak ada salahnya untuk membawanya secara rutin pada dokter hewan. Dengan membawa marmut secara rutin pada dokter hewan, maka kesehatan serta tumbuh kembang marmut pun bisa terjaga. Dengan begitu, marmut pun akan tumbuh dan berkembang semakin sehat.

4. Rutin Memberikan Vaksin

Selain membawa ke dokter, merawat marmut agar tumbuh lebih sehat adalah dengan memberikan vaksin secara rutin. Pemberian vaksin yang rutin tentu akan membuat marmut jauh lebih sehat dalam pertumbuhan serta perkembangannya. Hal tersebut dikarenakan vaksin sendiri mampu menambah kekebalan tubuh pada marmut itu sendiri. Jadi, bagi yang ingin marmut yang dipeliharanya tumbuh sehat, pastikan untuk memberikan vaksin secara rutin.

5. Bersihkan Bulu-Bulu Marmut

Membersihkan bulu marmut menjadi cara selanjutnya agar marmut tumbuh sehat. Pembersihan bulu marmut sendiri bisa dilakukan dengan mengelap bulunya dengan lap basah atau dengan cara memandikannya secara langsung. Apabila memilih untuk memandikannya secara langsung, maka segera keringkan marmut dengan lap kering.

Hal tersebut bertujuan agar marmut tidak masuk angin setelah dimandikan. Pembersihan bulu marmut sendiri sangat penting dilakukan, terlebih jika marmut jenis long hair. Selain harus sering dimandikan, juga harus sering disisir. Agar bulu marmut tidak mudah kusut.

6. Ajak Main Marmut Agar Tidak Stress

Cara memelihara marmut agar tumbuh sehat yang terakhir adalah dengan mengajak main marmut agar tidak stress. Marmut yang tidak diajak main oleh pemiliknya akan rentan terkena stress karena ia merasa kesepian. Maka dari itu, pastikan sesekali untuk mengajak main marmut agar tidak stress. Berikan juga kasih sayang yang lebih pada marmut seperti mengelusnya agar marmut merasa lebih nyaman pada pemiliknya.

Selain mengajaknya bermain secara langsung, buatlah mainan seperti terowongan atau roler koster pada kandang marmut. Berikan pula bola mainan kecil untuk teman bermainnya. Hal tersebut berguna saat pemilik tidak bisa mengajak marmut bermain secara langsung. Dengan begitu, marmut pun akan terhindar dari stress dan bisa tumbuh dengan sehat.

Itulah cara memelihara marmut agar tumbuh dengan sehat. Memelihara hewan peliharaan seperti marmut tentu harus dirawat agar bisa tumbuh dengan sehat. Dengan merawatnya secara benar seperti di atas, tentu marmut pun akan tumbuh dengan sehat dan bisa menyayangi pemiliknya.