Cara Melatih Burung Kakatua Agar Pandai Berbicara

Cara melatih burung kakatua

Kakatua merupakan salah satu jenis burung hias yang cukup banyak peminatnya. Keunikannya yang bisa berbicara, membuatnya digandrungi banyak orang. Burung kakatua yang dapat bicara tentunya memiliki daya jual yang tinggi. Namun, untuk melatihnya pun dibutuhkan kerja keras yang setara. Berikut ini cara melatih burung kakatua agar pandai berbicara.

Meskipun kosakata yang dikeluarkan terbatas, namun burung kakatua masih bisa dilatih untuk berbicara. Di antara cara yang dapat dilakukan dalam mengasah kemampuan berbicara burung kakatua yakni sebagai berikut.

1. Lakukan Proses Penjinakan

Cara melatih burung kakatua agar pandai berbicara bisa dimulai dengan menjinakkannya. Proses yang satu ini merupakan langkah awal, agar prose pelatihan dapat dilakukan dengan mudah. Penjinakan dilakukan untuk menghindari sikap kakatua yang agresif. Pastikan untuk menjaga kenyamanan burung kakatua meskipun berada di lingkungan manusia.

Ketika burung kakatua sudah jinak, maka tidak akan ada ketakutan meskipun didekati manusia. Selain itu, sang pemilik akan lebih mudah dalam mengajarinya berbicara. Salah satu metode yang umum digunakan yakni memberikan wing clipping. Hal ini dapat meningkatkan ketergantungan burung kakatua pada pemiliknya.

2. Siapkan Ucapan atau Kalimat Singkat

Selanjutnya siapkan kosakata atau pun kalimat singkat untuk diucapkan pada burung kakatua. Burung kakatua dikenal sebagai salah satu burung yang memiliki kemampuan meniru dengan baik. Perbendaharaan kosakatanya bergantung seberapa keras sang pemilik mengajarinya.

Untuk permulaan siapkan kata-kata yang singkat dan mudah. Hal ini dilakukan untuk tidak terlalu membebani burung kakatua. Kalimat singkat tersebut bisa ditulis dalam secarik kertas. Pastikan setiap harinya memberikan kosakata yang berbeda. Ketika dilakukan secara rutin, burung pun akan terbiasa. Secara perlahan, perbendaharaan kata pun akan meningkat.

3. Proses Latihan

Proses latihan merupakan salah satu tahapan penting dalam melatih burung kakatua agar pandai berbicara. Untuk membuatnya lebih bersemangat, maka siapkan reward/ hadiah berupa makanan. Pilihlah tempat yang tenang tanpa ada gangguan suara lainnya, sehingga burung kakatua dapat fokus melakukan latihan.

Kata yang akan diucapkan, bisa direkam terlebih dahulu atau bisa diucapkan secara langsung. Proses latihan ini dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan yang baik. Latihlah burung selama kurang lebih satu hingga dua jam. Ketika burung kakatua bisa meniru apa yang diucapkan, maka berikan hadiah berupa makanan.

4. Lakukan Interaksi dengan Burung Kakatua

Cara melatih burung kakatua agar pandai berbicara yakni dengan banyak berinteraksi. Cobalah untuk mengajaknya bermain.  Ketika sang pemilik melakukan hal ini, maka burung kakatua akan menyadari kasih sayang diberikan sang pemilik. Anggaplah sebagai sahabat, sehingga burung kakatua pun akan lebih nyaman jika berada di dekat sang pemilik.

Hal lainnya yang dapat dilakukan yakni dengan mengajaknya berbicara. Jika hal ini dilakukan sesering mungkin, maka burung pun akan lebih mudah dalam meniru yang diucapkan.

5. Satukan dengan Pasangannya dalam Satu Sangkar

Mencarikan teman untuk burung kakatua adalah cara lainnya yang bisa dilakukan. Ketika burung kakatua memiliki pasangan atau teman dalam sangkarnya, maka akan lebih mempermudah dalam proses pelatihan. Burung kakatua dikenal sebagai burung yang bisa bersosialisasi dengan mudah dan baik. hal ini pula yang dapat membuat burung lebih rajin berkicau.

Hal ini juga akan menghilangkan rasa bosan yang dirasakan burung kakatua. Ketika burung kakatua merasakan bosan dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang merugikan. Sehingga memberikan pasangan dalam satu sangkar adalah salah satu hal yang penting dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara melatih burung kakatua agar pandai berbicara. Sikap sabar dan ketelatenan sangat dibutuhkan dalam proses pelatihan. Hal ini pula yang akan menunjang seberapa baik kemampuan meniru burung kakatua yang dipelihara.