Hewan Peliharaan Bertubuh Kecil dengan Perawatan yang Mudah

Setiap manusia memiliki hobi yang beragam salah satunya merawat hewan peliharaan namun perlu diketahui untuk merawat hewan peliharaan pun tentunya harus banyak yang diperhatikan. Mulai dari lokasi tempat tinggalnya hingga perawatan yang sebenarnya tidak mudah. Namun, tidak perlu khawatir terdapat hewan peliharaan bertubuh kecil yang bisa dijadikan alternatif. Hal ini tentunya tidak membutuhkan tempat yang luas untuk proses pemeliharaan. Di antara hewan tersebut yakni sebagai berikut:

1. Burung

Pilihan pertama yang bisa dipelihara yakni burung, salah satu hewan yang banyak jenisnya, dengan sifatnya yang khas yakni berkicau. Perawatan hewan ini cukup sederhana, mulai dari pembuatan kandangnya pun tidak merepotkan, karena ukurannya tidak terlalu besar. Selain itu, pemberian pakannya pun terjangkau.
Perawatan yang cukup sederhana bisa dilakukan mulai dari pemberian makan, minum, pembersihan sangkar serta menjaga kualitas burung. Suara kicauan yang menenangkan membuat hewan ini kerap disukai banyak orang, konon, suara kicauan burung dapat mengurangi rasa stres seseorang. Banyak burung yang bisa dipilih untuk dijadikan peliharaan, mulai dari burung beo, kakatua, hingga burung kenari.

2. Hamster

Hewan peliharaan bertubuh kecil lainnya yang bisa dipelihara yakni hamster dengan harganya yang terjangkau serta perawatannya yang tidak rumit. Menjadi salah satu pertimbangan untuk memelihara hewan yang satu ini. Tidak sedikit yang beranggapan kalau hamster serupa dengan tiku, hanya saja hamster terlihat lebih menggemaskan.
Jenis hewan ini sangat mudah untuk dipelihara bahkan kandang yang dibutuhkan pun tidak membutuhkan area yang luas. Dibutuhkan kandang mini serta makanan yang mencukupi kebutuhan vitamin hamster, kebersihan kandang merupakan poin penting yang harus diperhatikan pemilik. Meskipun kecil, tentunya harus tetap dijaga dengan baik, sehingga hamster dapat lebih nyaman dan merasa aman.

3. Ikan Hias

Ikan hias menjadi salah satu hewan peliharaan bertubuh kecil yang bisa dipertimbangkan untuk dipelihara. Dikarenakan hewan ini hidup di air, tentunya dibutuhkan kolam khusus untuk tempat tinggalnya. Jenis hewan ini pun sangat mudah ditemukan. Begitu pun dengan ragamnya pun sangatlah banyak, bisa berupa ikan cupang, mas koki, ikan betta dan ikan hias lainnya.
Buatlah kolam semurni mungkin yang disertai dengan hiasan batu karang dan rerumputan lainnya, hal ini akan menunjang kenyamanan ikan hias. Perawatan yang benar tentunya akan membuat ikan hias bertahan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan yang maksimal dengan memerhatikan kebersihan kolam serta pemberian pakan yang sesuai dengan gizi yang dibutuhkan ikan.

4. Kura-Kura

Binatang lucu yang memiliki cangkang unik ini cukup banyak diminati pecinta binatang, tidak heran fisiknya yang begitu mungil dan lucu menjadi daya tarik yang dimiliki kura-kura. Karakternya yang lembut serta gerakannya yang lambat menggemaskan banyak orang yang melihatnya. Kura-kura merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki tubuh kecil yang memiliki daya tahan bagus. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam menjadikan kura-kura sebagai peliharaan.
Usianya yang bisa mencapai 40 tahun membuat kura-kura banyak diminati. Selain itu perawatannya pun mudah dilakukan. Sehingga tidak akan terlalu memakan waktu dan uang dalam proses pemeliharaannya. Pastikan untuk memberikan makan secara teratur. Hal inilah yang akan menunjang tingkat kualitas kura-kura.

5. Sugar Glider

Hewan peliharaan bertubuh kecil lainnya yakni sugar glider, hewan ini sejenis binatang yang menyerupai tupai terbang. Fisiknya yang begitu mungil dengan ukurannya yang kecil membuatnya ringan dibawa, selain itu perawatannya pun cukup sederhana yakni bisa dengan memberikan buah-buahan atau pun serangga kecil. Tingkahnya yang lucu membuat sugar glider dijadikan sebagai salah satu hewan yang unik untuk dipelihara. Hewan pemakan makanan manis ini memiliki kebiasaan meluncur yang baik dan dikenal lebih ramah dibanding kucing.

Itulah beberapa hewan peliharaan bertubuh kecil yang bisa dijadikan sebagai referensi hewan peliharaan. Apa pun hewannya, pastikan untuk memberikan perawatan yang maksimal. Sehingga hewan yang dipelihara pun merasa nyaman hidup dalam lingkaran sang pemelihara.